Jumat, 18 April 2014

Kandungan dalam Ovaprim

Ovaprim adalah merek dagang bagi hormon analog yang mengandung 20 mg analog salmon gonadotropin releasing hormone (s GnRH) LHRH dan 10 mg domperidone sejenis anti dopamine, per milliliter (Nandeesha et al, 1990 diacu dalam Mukhlas 2009).  
Gonadotropin adalah hormon berbahan baku protein yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisa. Hormon ini memanipulasi gonad sehingga bisa matang dan beropulasi. Hormon gonadotropin bisa berbentuk ekstrak kelenjar hipofisa ikan dan gonadotropin mamalia (seperti HCG = human chorionic gonadotropin, LH = luteinizing hormone, FSH = follicle stimulating hormone dan PMSG = pregnan mare serum gonadotropin). LHRH (luteinizing hormone releasing hormone) adalah hormon dari golongan protein yang dihasilkan oleh hipotalamus. Hormon ini molekulnya sangat kecil dibandingkan dengan hormon golongan lainnya, yakni terdiri dari 10 asam amino (dekapeptida).
Ovaprin digunakan sebagai agen perangsang bagi ikan untuk memijah, kandungan s GnRHa akan menstimulus pituitary untuk mensekresikan GtH1 dan GtH II. Sedangkan anti dopamin menghambat hipotalamus dalam mensekresikan dopamin yang memerintahkan pituitary menghentikan sekresi GtH I dan GtH II.   

Sumber : http://www.Mukhlas_Aquaculture_%20Hipofisa%20dan%20Ovaprim.mht

Tidak ada komentar:

Posting Komentar